> | | > Posisi Multimedia Dalam E-Education

Posisi Multimedia Dalam E-Education

Posted on 08 Desember 2012 | No Comments

Berdasarkan wawasan bahwa proses pembelajaran adalah proses komunikasi demikian pula bahwa proses pembelajaran adalah suatu system, maka posisi multimedia pembelajaran adalah sebagai komponen system pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi, dan demikian pula tanpa media pembelajaran, proses pembelajaran juga tidak akan berlangsung.

Multimedia pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran. Multimedia pembelajaran bukan hanya dengan menyediakan lebih banyak teks melainkan juga menghidupkan teks dengan menyertakan bunyi, gambar, musik, animasi dan video.
Dengan dokumen berbentuk multimedia dapat mengatasi persoalan yang dihadapi. Kita dapat mencari seluruh teks yang menggunakan kata kunci tentang satu atau beberapa topic. Selain itu, dengan multimedia kita dapat menunjukkan acuan bukan hanya ke topic yang tercantum di dalam dokumen multimedia itu sendiri, tetapi juga ke dokumen-dokumen lain yang terhubung dengan dokumen tersebut, serta kesemua dokumen yang terhubung dengan dokumen-dokumen ini, dan seterusnya. Kelebihan lain menunjukkan bahwa multimedia menggunakan link yang memungkinkan kita menelusuri jagad informasi yang saling terhubung dengan sangat cepat, setara dengan kecepatan cahaya, karena menggunakan gelombang elektromagnetik.
Kelebihan lainnya menunjukkan bahwa multimedia menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Multimedia sangat efektif dan menjadi tool yang ampuh untuk pengajaran dan pendidikan serta untuk meraih keunggulan bersaing baik sekolah, perguruan tinggi maupun penyelenggaraan pendidikan lainnya.

Leave a Reply

© KisahTahu 2013. Diberdayakan oleh Blogger.
Share