> Mengenal php dan cara penulisannya

Mengenal php dan cara penulisannya

Posted on 18 Juni 2012 | No Comments

Php adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis web yang dijalankan dengan bantuan web sever sebagai kompilernya dan web browser sebagai media outputnya. Php dibuat pertama kali oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994.
Php dapat melakukan lebih dari apa yang dapat dilakukan oleh HTML, Java Script, atau VB Script. Misalnya, mengambil variabel dari form, mengakses database, memanipulasi string, mengakses file system dan masih banyak lagi.


Php adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis On The Fly Creation. Program ini akan bekerja ketika ada permintaan/request baik dari perintah skrip atau form. Form memberikan perintah ke PHP, kemudian skrip-skripnya akan diterjemahkan pada waktu yang berbeda ke web server. Hasilnya akan di kembalikan ke web browser dalam bentuk HTML murni, tanpa terdapat perintah php lagi, yang dikirimkan hanya tag-tag HTML. Dengan keunggulan tersebut banyak para desainer web atau blog menggunakan php untuk membuat sistem keamanan. Hal ini berbeda dengan script-script lain yang bekerja pada komputer klien seperti Java Script atau VBScript yang akan tampak skripnya pada browser.
Beberapa alasan menggunakan pemrograman php adalah sebagai berikut :

  1. Pertamanya adalah gratis, dan juga merupakan program yang bersifat terbuka atau Opensource, sehingga banyak sekali para pengembang yang berpartisipasi dalam pengembangkan program ini.
  2. Pengaksesannya lebih cepat karena semua proses pengolahan data dilakukan di server.
  3. Memiliki banyak kemampuan dalam perananya di internet misalnya mengolah database, memanipulasi gambar maupun tulisan, animasi dst.
  4. Mendukung banyak database, misal MySQL, Oracle, DBF dll.
  5. Memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.
PHP memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa script sejenis. PHP difokuskan pada pembuatan script server-side, yang bisa melakukan apa saja yang dapat dilakukan oleh CGI, seperti mengumpulkan data dari form, menghasilkan isi halaman web dinamis, dan kemampuan mengirim serta menerima cookies, bahkan lebih dari pada kemampuan CGI.

PHP dapat ditulis secara embedded (tertanam) ataupun full script. Akan tetapi sangat disarankan untuk menggunakan untuk menggunakan embedded karena lebih mudah membedakan mana perintah php dan mana yang bukan. Setiap perintah php ditandai dengan cara penulisan dibawah ini :

<?php

?>
 Berikut contoh sederhana php :
 <?php
    echo "<h1>Selamat Malam kawan</h1>";
?>
Dengan perintah diatas, php akan mengirimkan output ke web browser sepertik berikut :
<h1>Selamat Malam Kawan</h1>

Semoga Bermanfaat

KisahTahu

Leave a Reply

© KisahTahu 2013. Diberdayakan oleh Blogger.
Share