> > Ikan Buntal

Ikan Buntal

Posted on 26 September 2012 | No Comments

Kalau anda suka nonton film Spongebob pastinya tau kan karakter nyonya fuff itu loh guru mengemudinya Spongbob. Nah pernah liat kan kalau adegan nyonya Fuff abis tabrakan waktu mengemudi badannya langsung menggembung, nah karakter nyonya Fuff mungkin mengambil karakter ikan Buntal. Ikan Buntal merupakan family ikan perairan tropis yang memiliki gigi pada masing-masing rahangnya bersatu. Sehingga tampak memiliki 2 gigi atas dan 2 gigi bawah.

ikan buntal
Ikan Buntal

Ikan Buntal/Iwak Buntal memiliki kebiasaan yang unik yaitu dapat menggembungkan tubuhnya dengan menelan udara. Ini merupakan mekanisme pertahanan ikan buntal jika terancam oleh predatornya. Tujuannya menggembungkan diri agar tubuhnya terlalu besar sehingga tidak bisa di telan oleh predatornya. Dalam posisi penuh udara ini Ikan Buntal akan mengambang ke permukaan air dan tidak bisa berenang sampai udara yang ada di dalam tubuhnya keluar.
Hal yang tidak biasa bagi kebanyakan ikan, Ikan Buntal menggunakan sirip dada dan sirip punggung sebagai alat pergerakan utama dengan ekor sebagai kemudi. Karena kemampuan berenangnya yang lambat maka untuk mencari makan ia mengandalkan penyamarannya.
Sebagian dari spesies ikan Buntal mengandung racun tetrodoxin yang sering kali berakibat fatal. Ikan Buntal yang beracun bisa dikenali dengan melihat warnanya yang lebih cerah atau terang. Beberapa spesies ikan Buntal air tawar sering kali di jadikan sebagai ikan hias akuarium. Namun harap berhati-hati karena beberapa ikan buntal suka menyerang jenis nya sendiri jika di tempatkan di akurium yang sama dan terkadang bisa agresif dan menyerang ikan-ikan lain yang di tempatkan di dalam satu akuarium.

Leave a Reply

© KisahTahu 2013. Diberdayakan oleh Blogger.
Share