> | | > Definisi E-Education Dan Multimedia

Definisi E-Education Dan Multimedia

Posted on 08 Desember 2012 | No Comments

Sebenarnya banyak istilah yang dapat kita jumpai dalam lingkup pendidikan berbasis teknologi internet antara lain e-education, m-education dan i-education. E-education merupakan system pendidikan berbasis media elektronik, seperti radio dan televisi. Namun sekarang ini masyarakat banyak yang beranggapan bahwa e-education adalah pendidikan yang menggunakan internet sebagai media utamanya.
Paradigma tentang e-education yang dipahami saat ini adalah pendidikan berbasis internet. Pola e-education terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. System e-education terus-menerus mengalami perkembangan, perkembangan berikutnya adalah mampu berinteraksi dengan pengaksesnya. Para pakar terus menerus mencoba untuk meneliti, merancang hingga akhirnya dapat tercipta system e-education yang interaktif.
Ada beberapa definisi mengenai multimedia antara lain multimedia adalah kombinasi dari computer dan video (Rosch.1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar, dan teks (Mc Cormick, 1996). Definisi lain menyebutkan, multimedia adalah kombinasi paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002).
Sedangkan menurut Robin dan Linda (2001), multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video. Definisi yang lain menyebutkan multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada computer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar, yang berinteraksi dengan kita. Kedua, harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajahi jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dan ide kita sendiri. Jika salah satu komponen tidak ada, maka bukan multimedia dalam arti yang luas namanya. Misalnya, jika tidak ada computer untuk berinteraksi, maka itu namanya media campuran,bukan multimedia. Jika tidak ada link yang menghadirkan sebuah struktur dan dimensi, maka namanya rak buku, bukan multimedia. Dari
beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang online (internet) dan multimedia ada yang offline (tradisional).

Leave a Reply

© KisahTahu 2013. Diberdayakan oleh Blogger.
Share